Senin, 01 Oktober 2012

Tips Memelihara dan Merawat Kucing

Tips Memelihara dan merawat kucing

Memilih kucing kesayangan
Seandainya anda mencari kucing yang sesuai untuk dijadikan hewan peliharaan, anda mungkin akan menghadapi sedikit kesulitan membuat pilihan (kecuali mungkin jika anda memang mau untuk memungut kucing terlantar dari jalanan). Sebab kini terdapat kira-kira 40 famili kucing dan lebih kurang 500 jenis kucing yang berlainan. Secara umum kucing dikelompokkan dalam 4 kelompok utama, kucing berbulu panjang, kucing berbulu pendek, kucing siam dan kucing berbulu pendek asing. Rata-rata kucing berbulu panjang seperti kucing Persia lebih populer karena bulunya yang cantik. Dan saat ini ada 3 jenis kucing yang sedang menjadi primadona, yaitu kucing Persia, kucing Bengal, dan kucing Himalaya.
Cat Nap
Kucing lagi bobo… lucunya^^
Bagaimanapun juga setiap jenis kucing memiliki perbedaan dalam pembawaan kebiasaan dan sifatnya. Jadi lebih baik untuk mengetahui jenis mana yang lebih sesuai dengan diri anda sebelum membuat pilihan. Kebanyakan pemilik kucing lebih menggemari kucing lokal karena kucing lokal lebih mudah perawatannya dan lebih mudah beradaptasi dengan kita.
cute catJantan atau betina yang sebaiknya kita pelihara?
Baik anda memilih kucing asing atau lokal, persoalan yang sering timbul adalah dalam pemilihan jenis kelaminnya. Sebagai contoh, kucing jantan agak manja tetapi suka bermalas-malasan dalam jangka waktu yang lama dan cenderung mudah bertengkar dengan kucing yang lain. Kucing betina sebaliknya jarang bermalas-malasan walaupun manja. (Tapi kalau saya lebih memilih kucing jantan, karena kalau betina pasti beranak-pinak dan mengurus banyak kucing itu bukan hal yang mudah)
Di mana dan bagaimana memilih kucing yang baik untuk dipelihara?
Kucing yang baik untuk dipelihara dapat diambil dari mana saja. Biasanya orang lebih memilih untuk memungutnya dari jalanan. (Alasannya karena sangat mudah dan gratis) Atau juga kalau anda menginginkan kucing asing, anda dapat mendapatkannya di toko hewan peliharaan, rumah penampungan kucing, atau tempat penangkaran kucing. Apapun pilihan anda, pastikan kucing itu sehat. Setiasalah pilih kucing yang aktif, dengan mata yang ceria dan bulu yang bersih berkilau. Dan sebaiknya pilihlah kucing yang masih berumur kurang dari satu tahun, karena anda akan mudah untuk melatih dan merawatnya

Memahami Keperluan Si Manis
Makanan
makanan kucingSecara umum kita mengenal dengan baik makanan kesukaan dari kebanyakan kucing, yaitu ikan. Dan pada anak kucing yang tidak memiliki induk mereka sangat membutuhkan susu, Perlu pemilihan makanan yang baik untuk membuat kucing anda menjadi sehat dan lincah. Makanan yang baik mempengaruhi kecerdasan, watak, dan bentuk tubuh kucing anda. Semakin baik anda merawatnya dengan makanan yang baik, maka kucing anda akan semakin terlihat baik.
Asupan makanan yang bergizi dan vitamin sangat perlu diberikan pada kucing anda. Bagi kucing kontes, pemilihan makanan yang baik membuat bulu-bulu kucing akan semakin indah dan terlihat cantik. Anda bisa membuat sendiri komposisi makanan yang bergizi untuk Si Manis, tidak terlalu jauh perbedaannya dengan kebutuhan manusia. Atau kalau anda tidak sempat, saat ini sudah banyak makanan kucing yang dijual di supermarket atau toko hewan peliharaan. Sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter hewan apabila anda merasa ragu.
Peralatan Makan
tempat makan kucingSi Manis memerlukan satu set peralatan makan tersendiri, sebuah tempat untuk makanan dan sebuah lagi untuk air. Pilihlah wadah yang mudah dijangkau untuk kucing. Tempat makanan harus bersih dan dicuci terpisah daripada peralatan makan anda. Khusus untuk anak kucing berikan susu pada wadah ceper seperti cawan. Si Manis juga lebih baik dibiarkan makan di sudut yang tersendiri, jauh dari tempat ia membuang kotorannya.
Antara Kucingku, Ikanku, dan Bayiku!!
Kucing : Bos laper nih, tuh ikan boleh saya makan nggak?
Bayi : Nda’ ole! Ntu can ican tupangna papah!! Ntal Papah malah loh!
Tiang Kayu
Tiang kayu mainan kucingTiang kayu digunakan kucing untuk menggaruk dan untuk mencegah Si Manis dari menggaruk-garuk perabotan anda. Sebaiknya dibuat dari kayu yang tidak terlalu keras dan dilapisi dengan hamparan kain atau tali dengan pondasi yang kokoh dan tiang harus cukup tinggi agar Si Manis dapat menggaruk dengan sepuasnya.

hewanpeliharaankutegar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar