Selasa, 02 Oktober 2012

Sejarah dan Manfaat Jaringan Komputer



Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer merupakan sejarah yang sangat kompleks. Jaringan komputer telah melibatkan banyak orang dari seluruh penjuru dunia selama 35 tahun yang lalu. Pada tahun 1940an komputer terdiri dari alat electromechanical yang cenderung mengalami kesalahan. Pada tahun 1947 ditemukan suatu transistor yang membuka berbagai kemungkinan untuk membuat komputer menjadi lebih kecil, dan yang lebih dapat dipercaya. Pada tahun 1950an, komputer mainframe yang menggunakan program kartu punch, mulai digunakan oleh beberapa institusi besar. Sampai tahun 1960an mainframe dipergunakan secara luas.

Di akhir tahun 1960an dan 1970an, komputer menjadi lebih kecil dan minicomputer telah diciptakan. Walau bagaimanapun, minicomputer masih sangat besar saat itu. Pada tahun 1977 Apple Computer Company memperkenalkan microcomputer yang dikenal sebagai komputer pribadi (Personal Computer). Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan PC pertamanya. Mac yang mudah dioperasikan, dan open-architecture dari PC IBM, telah mendorong penggunaan Personal Computer yang lebih luas baik pengguna rumahan maupun perusahaan.

Di pertengahan tahun 1980an para pemakai PC sudah mulai berbagi file dengan menggunakan modem untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain. Ini dikenal sebagai point-to-point, atau komunikasi dial-up. Konsep ini telah diperluas oleh penggunaan komputer yang berfunsi sebagai central point dari komunikasi koneksi dial-up. Komputer ini disebut bulletin board. Para pemakai akan menghubungkan komputer ke bulletin board dan mengambil pesan yang berada di bulletin board. Hal ini sama seperti halnya upload dan download suatu file. Kelemahan pada sistem jenis ini adalah sangat kecil komunikasi dapat terjadi secara langsung dan hanya mereka yang mengetahui tentang bulletin board yang dapat berkomunikasi. Kelemahan mulai terasa ketika banyak pemakai yang mengakses bulletin board tersebut. Mulai saat itu pada tahun 1960an dan berlanjut hingga tahun 1990an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat/ Department of Defense (DoD) mulai mengembangkan suatu wide-area-network (WAN) yang digunakan untuk militer dan pertimbangan ilmiah.
Teknologi ini berbeda dari komunikasi point-to-point yang menggunakan bulletin board. Teknologi ini mengijinkan berbagai komputer untuk dihubungkan secara bersama-sama dengan menggunakan banyak jalan/ alur yang berbeda.
Jaringan dengan sendirinya akan menentukan bagaimana cara memindahkan suatu data dari satu komputer ke komputer yang lain. Tidak itu saja, komputer dapat berkomunikasi dalam waktu yang sama. DoD WAN inilah yang saat ini menjadi internet.

internettimeline

Latar Belakang
* Pada masa mainframe berkembang, semua komputasi terpusat pada satu mesin besar yang di dalamnya terkonfigurasi banyak prosesor dan memori yang besar dengan mekanisme sharing memory dan sharing processor.
* Dari mainframe tersebut terhubung beberapa terminal yang hanya berfungsi sebagai input dan output. Tidak ada processing pada terminal tersebut. Ini yang disebut dumb terminal.
* Sejalan dengan berkembangnya teknologi chip, perkembangan komputer pun berubah. Muncullah Personal Computer (PC) yang mampu melakukan operasi di komputer itu sendiri tanpa membutuhkan komputer lain.
* Dari PC, selain aplikasi desktop yang ada, kemudian berkembang kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi yang dapat menghubungkan para permakai dari PC tersebut.

Pengertian
* Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer autonomous berjumlah banyak yang terpisah -pisah akan tetapu saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.
* Dua buah komputer dapat dikatakan terinterkoneksi jika keduanya dapat saling bertukar informasi.

Manfaat Jaringan Komputer

• Resource sharing
Sumber daya yang digunakan bersama-sama. Resource sharing menyediakan semua program, data dan peralatan untuk setiap orang atau bagian pada jaringan dengan mengabaikan lokasi fisik dari sumber dan pemakai. Dengan kata lain, seorang pemakai yang berada pada lokasi yang jauh akan tetap dapat memakai dan mengakses data untuk pekerjaannya tanpa perlu pergi ke suatu tempat atau ke pusat untuk mengambil data yang diperlukannya.

• Menghemat biaya
Dapat saling bagi pemakaian resources yang mahal. Dengan adanya jaringan, penghematan biaya dapat dilakukan, karena jaringan ini menganti mainframe yang mahal dengan banyak komputer personal yang jauh lebih murah. Dengan adanya banyak komputer yang lebih kecil dapat ditempatkan pada banyak lokasi. Jika komputer ini ditempatkan pada gedung yang sama, maka jaringan ini disebut Lokal Area Network (LAN).

• Reliabilitas tinggi
Dapat memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Kehandalan ini dilakukan dengan membuat sumber pengganti dari persediaan sumber daya. Contohnya, semua file perlu ditempatkan pada dua atau tiga komputer, sehingga jika salah satu dari tiga file tersebut tidak tersedia yang disebabkan oleh kegagalan salah satu komputer (computer failure), maka masih ada file yang dapat digunakan yang berasal dari komputer lain.

• Skalabilitas
Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara bertahap sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambah sejumlah prosesor.



• Skalabilitas
Mampu menjadi media komunikasi antar personal yang terlibat dalam satu sistem yang menggunakan jaringan komputer. Media yang berkemampuan tinggi juga disediakan oleh jaringan. Dengan media komunikasi ini orang yang terpisah jauh dapat berkomunikasi dengan mudah dan bahkan jauh lebih cepat. Jadi jika ada seorang yang ingin mengubah laporan yang telah dibuatnya dan ingin pimpinannya segera tahu perubahan tersebut, hal ini dimungkinkan dengan adanya jaringan. Dengan demikian orang tersebut tidak perlu pergi kepada pimpinannya dan pimpinan juga tidak perlu menunggu lama untuk melihat perubahan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar