Sabtu, 06 Oktober 2012

Peluang Usaha Ternak Burung Perkutut

Ternak Burung Perkutut .

Siapa sih yang nggak kenal dengan burung yang memiliki suara merdu dan khas ini, meskipun tidak hobi memelihara burung pun tentu tahu dengan burung yang satu ini. Burung perkutut yang sudah terlatih dan mampu bersuara dengan nyanyian khasnya apa lagi jika sudah menjuarai sebuah perlombaan, harganya bisa sampai jutaan dan bahkan puluhan juta per ekor.

Tahukah sobat bahwa ternyata burung perkutut mempunyai prospek peluang usaha yang sangat bagus. Di bandingkan dengan ternak unggas lainnya, ternak perkutut terbilang mudah dan menghasilkan. Ternak burung perkutut adalah termasuk peluang usaha dengan modal kecil. Modal awalnya saja yang akan memerlukan modal lebih untuk pembuatan kandang dan selanjutnya biaya ternak sangat ringan di bandingkan dengan ternak unggas lainnya.

Ternak Burung Perkutut Sangat Mudah
Usaha Ternak Burung Perkutut sebenarnya tidak sulit bahkan tergolong sangat mudah. Apalagi perkutut termasuk burung yang cepat beradaptasi, perkutut juga dapat di taruh dalam sangakar yang berukuran kecil misalnya (45x45x65 cm3) maupun besar.

Disamping itu, perkutut tidak gampang stress seperti burung cendet dan lainnya, jarang terkena penyakit, pakannya yang murah dan melimpah. Masalah lain yang perlu diperhatikan adalah pemeliharaan, kebersihan lingkungan, sangkar, makan dan minuman.

Agar mendapatkan anakan perkutut yang berkualitas, maka perlu mempelajari secara khusus cara mengawinkannya. Semakin berkualitas hasilnya semakin mahal pula harganya.

Segmen Pasar Perkutut
Harga per ekor burung perkutut sangat beragam, namun secara umum ada lima factor yang membedakan harga perkutut:
 
1. Segmen pasar yang menekankan pada usaha ternak burung perkutut. 
Bagi masyarakat yang menjalankan usaha peternakan perkutut yang di pentingkan adalah kemampuan memproduksi anakannya secara optimal dengan suara dan irama anggungan yang baik dengan demikian harganya pun juga tinggi.
 
2.  Segmen pasar yang menekankan untuk kepentingan lomba. 
Segmen ini tentu membutuhkan perkutut yang berkualitas baik, sesuai aturan lomba yang telah ditetapkan P3SI. Tak heran bila perkutut yang didambakannya harganya bisa sampai puluhan dan bahkan ratusan juta rupiah.

3.  Yang mungkin dijangkau masyarakat penggemar perkutut. 
Segmen ini lebih menekankan unsur gengsi. Jadi, yang lebih menjadikan pertimbangan utama adalah irama yang disukai pemiliknya. Pada segmen ini perkutut akan bernilai jutaan samapai puluhan juta.
 
4.  Banyak orang yang memiliki perkutut dengan pertimbangan unik dan exotis.
Mereka yang termasuk dalam kelompok ini akan mampu menghargai perkutut sampai juataan rupiah.
 
5.  Orientaisnya pada katuranggan. 
Pemilik meyakini bahwa perkutut dapat membuat pemiliknya memperoleh kebahagiaan, ketentraman hidup dan rezeki melimpah atau tanda-tanda baik lainnya. Masyarakat yang mengetahui bahwa katurangga perkutut yang akan dipelihara bakal mendatangkan kebaikan tentu akan membelinya dengan haraga berapapun.
 
Jika sobat seorang penghobi burung, maka peluang usaha ternak burung perkutut dengan modal kecil ini layak untuk sobat coba.
 
Ternak Burung Perkutut
Tadi saya sebutkan bahwa ternak burung perkutut modalnya tidaklah banyak, mari kita bahas lebih lanjut :

Kandang: Untuk pembuatan kandang berukuran 90x70x180 cm3 atau 120x60x180 cm3 yang terbuat dari kayu/bambu dan ram-raman kawat, kurang lebih menelan biaya Rp 500 ribu. Kandang tersebut cukup bagi 1 atau 2 pasang.

Harga Burung Perkutut: Untuk membeli 5 pasang indukan burung perkutut cuma butuh modal sekitar Rp 500 000 sampai Rp 1 juta.

Pakan: Biaya pakan dan obat-obatan untuk sepasang burung perkutut cuma Rp 15 000 perbulan. 

Analisis Keuntungan Usaha Ternak Perkutut:

1. Investasi:
Pembuatan Kandang Rp. 500.000

2. Biaya lancar:
Induk 5 pasang @ Rp 200.000 Rp. 1.000.000
Pakan 5x Rp. 2.000 Rp. 10.000 - Obat dan Vitamin Rp. 5.000
Total Biaya Lancar Rp. 1.015.000

3. Pendapatan:
Bila setiap induk mampu menetaskan 2 piyik, produksi anakan :
5 x 2 x Rp.200.000 Rp 2.000.000

4. Keuntungan (C - B) : Rp 2.000.000 – Rp 1.015.000 = Rp 985.000

Meningkatkan produktifitas perkutut juga bisa di siasati dengan menitipkan anakan atau telur ke burung puter. Jika indukan di beri makan yang cukup dan vitamin yang sesuai maka cara ini mampu membuat indukan perkutut berkembang tiga kali lipat.

Sumber : andrereviews.com/2012/03/peluang-usaha-ternak-burung-perkutut.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar